Rabu, 03 Maret 2010

Sejarah Tentang Nunu Rabbit

Sejarah tentang Nunu Rabbit

Berawal dari hobi menjadi tambahan penghasilan keluarga yang terbilang lumayan. Pertama saya tertarik dengan kelinci, ketika saya jalan jalan kedaerah Bandung tepatnya didaerah lembang. Disepanjang jalan daerah wisata gunung Tangkuban perahu banyak dijajakan makanam, salasatunya adalah sate kelinci. Lalu saya Tanya penjual sate tersebut: maaf pak. Kelincinya ternak sendiri apa beli dipeternakan? Beliaupun menjawab: ooh A , abdi mah dikirim, meser ka peternak. Munternak nyalira mah kateter, mun alhamdulillah ayeunamah sate kelinci teh nuju rame. Nya bilih bade meser kelinci mah kaditu weh. Di daerah Lembang paling sabaraha menit perjalanan na. di dinya seueur peternak kelinci salasahijina pak asep s rabbit anu sok aya di TV.
Saya langsung aja meluncur ke lembang. Walaupun sempet kesasar ke daerah Maribaya .peternakan kuda. Ternyata benar disepanjang jalan lembang banyak dijual berbagai jenis kelinci. Diantaranya angoara,rex,plam giant, fuji lop dan lain sebagainya, jenis local juga ada,harganya paling murah. Harganya juga berfariasi mulai dari 15000 sampe ratusan ribu.
Berhubung bajet Cuma sedikit jadi saya beli 3 pasang kelinci. Sepasang kelinci Dutch,angora dan fuji lop. Soalnya saya kurang yakin juga apa di daerah cikampek kelinci bisa berkembang biak dengan baik karna cikampek daerah cukup panas. Setelah 2 bulan saya pelihara kelinci tersebut. Akhirnya kehawatiran saya salah, ternyata kelinci hewan yang mudah beradaftasi. Lahirlah 6 ekor bayi kelinci dari pasangan Angora. Baru saja anaknya umur 2 minggu udah ada yang pesen. Melihat hasil dan prosfeknya bagus saya berinisiatif mengembangkan usaha ternak kelinci ini. Sebagai pelengkap saya juga
mengembangbiakan MARMUT dan HANSTER.

11 komentar:

  1. punya stok jenis apa aja?
    sy butuh anggora 1.pasang siap kawin, dan 1.pasang flemish giant anakan atau indukan tolong rincian harga. kirim info nya segera via sms ke 085721088445.
    saat ini sy lagi ternak jenis fuzylop dan hotot, rek

    BalasHapus
  2. Kira-kira harga untuk jenis kelinci lokal yang berumur 1 bulanan berapa?
    dan untuk cara perawatanya seperti apa biar gak cepet mati kelincinya?

    BalasHapus
  3. nunu rabit direspon dong komen sy...sy dr jatiluhur pwk. pengen tambah koleksi flamish giant dan anggora.

    @computershop...sy sarankan jgn beli umur segitu apalagi anda pemula, sbenrnya piara klinci itu ga susah ko, cuma klo pemula piara usia segitu bnyk gagal dr paktor pakan,sy biasa beli puzilop anakan minimal usia 2bln, skrg udah pada gede sehat2 lg

    BalasHapus
  4. mikum. Maaf temen2 semua, komentarnya baru di respon. makasih udah mengunjungi blog kami.untuk anakan lokal umur 1- 1 1/2 kami biasa kami jual ke breder pemborong harga 15000 - 17000,-
    untuk perawatan
    1 jgn memandikan kelinci dibawah umur 4 bln
    2 jgn terlalu bnyak memegang/mengangkat anak kelinci
    3 jgn memberi makan sayuran segar(kol,pecay,dll) dibawah umur 2bln, bisa mengakibatkan diare, mencret dan kembung bahkan kematian
    4 sanitasi kandang harus baik, gak boleh jorok, hal ini yang menjadi faktor utama terjadinya kelinci sakit dan is that. karna kandang yang jorok bisa tumbuh berbagai macam penyakit: scabies,filek,dll.
    5. kandang tidak boleh terkena angin terlalu besar, bisa mengakibatkan kelinci kembung terutama pada kelinci muda musim ujan. aplagi sekarang musim ujan. apabila kandang Out door sebaiknya pada malm hari atau saat lagi ujan, kandang di tutup dengan kain atau terpal( bahan apa saja yang bisa anda gunakan)
    makasih. semoga bermanfaat.

    Untuk koleksi kelinci. angora. lion head, fuji lop, dan lokal ( kami pelihara sebagai pedaging)


    Stok kelinci: alhamdulillah hari minggu kemaren stok kelinci kami di borong oleh breder yang jualan disekitar pasar cikampek. diantaranya: anakan angora, anakan lion head, 2 pasang fuji lop siap kawin, indukan + anakn lokal. sekarang koleksi kami tinggal indukan dan bayi kelinci berbagai usia tapi blm siap jual dan blm kami lepas. mungkin bulan depan udh siap jual, maaf kami blm sempt memposting poto koleksi kelinci kami.

    BalasHapus
  5. ass. saya peternak kelinci hias (F1)dan lokal (angora, Holand Lop, Fuzy Lop, Rex Pavilon, New Zealand )jika berminat silahkan kunjungi peternakan saya yang beralamat di Kp.Ceplik,Rt02/01, Desa Kertawaluya, Tirtamulya.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. kang predianto punya angora yg siap merit ga? sy butuh 1pasang dan 1psng flamish giant siap merit hrg berapa???, dr terminal ckp rmh anda jarak berapa kilo menuju arah krw atau crb.
    ditunggu infonya ke no 085721088445 insya allah klo ada yg sy butuh kan sy dtg ke kandang

    BalasHapus
  8. kang nunu tempat anda dr terminal cikampek kira2 berapa km?
    waktu hr snin kemaren sy mau ke tempatnya kang predi di kp.ceplik tp stlh berjarak 5km dr stasion ckmpk sy kembali lagi pulang soalnya sy tanya2 sama orang dijalan msh jauh krn udah sore akhirnya sy pulang lagi, nah klo tempat anda sama jauhnya ga sama kang predianto heri???
    skrg anda punya stok apa aja yg siap dijual

    BalasHapus
  9. ooh klo 5 km si kejauhan. paling 2km dari stasiun. setelah perumahan regenci ada irigasi trs nyebrang belok kirijln tanggul. tp jalannya agk jelek. jln altrntf, nyebrang lurus 2000m masuk gang SMK TRIASIFA lurus terus langsung nyampe.

    sto kelinci yang dijual sekarang blom ada. ada anakn tp udah di DP sama pedagang purwakara ciganea. untuk indukan blm ada yang mao dilual kondisi lagi pada hamil kira2 2 minggu lagi melahirkan.

    untuk koleksi kami punya kelinci: anggora. amerikan fujilop. dan kelinci lokal pedaging, Marmut. untuk jenis flams gian kami blom punya.
    obat& vit : de GROW STIMULAN KELINCI(mempercepat birahi pada kelinci betina, dll) KEMASAN 100ml rp 52000,-
    OBAT SUNTIK SCABIES WORMECTIN Kemasan 2ml 17500,-

    BalasHapus
  10. mf. bukan 2000m tp 200m setelah jembatan lurus masuk gang smk triasifa.

    BalasHapus
  11. ok klo nanti punya indukan usia 6-8blnsiap jual kasih tau sy

    BalasHapus